Pengertian microsoft excel

Microsoft Excel
Microsoft excel adalah paket program pengolah kata yang berbasis pada sistem operasi microsoft windows. Microsoft excel merupakan bagian dari microsoft office yang meliputi microsoft word, microsoft excel, microsoft access, microsoft front page dan microsoft power point. Microsoft Excel merupakan aplikasi untuk mengolah data secara otomatis yang dapat berupa perhitungan dasar, rumus, pemakaian fungsi-fungsi, pengolahan data dan tabel, pembuatan grafik dan menajemen data.
Pemakaian rumus sendiri dapat berupa penambahan, pengurangan, perkalian dan lain sebagainya. Sedangkan pemakaian fungsi-fungsi dapat berupa pemakaian rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk rumus matematika maupun non matematika.
Microsoft Excel dapat juga digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan administrasi, dari yang sederhana sampai dengan yang rumit. Pada pemakaian keperluan yang sederhana tersebut misalkan untuk membuat perencanaan kebutuhan suatu perusahaan, berupa perencanaan barang kebutuhan, jumlah maupun harganya.
Sampai saat ini Microsoft excel sudah sampai pada versi 2013, sedangkan saya sendiri masih menggunakan versi 2007. Yah meskipun berbeda versi tetapi fungsi tetap sama, hanya dibedakan fitur yang pasti lebih baik dibanding versi terdahulu.
Pada Microsoft excel kita bekerja dengan system workbook, sedangkan di dalam workbook terdapat worksheet atau lembar kerja. Pada worksheet ini kita bekerja dengan menggunakan kolom dan baris yang membentuk kotakan kecil-kecil berupa sel-sel tempat kita memasukkan data.

Cara membuka microsoft excel yaitu:
  1. melalui Start --> Program -->Microsoft office --> Microsoft excel
  2. Mengklik 2 kali shortcut microsoft excel pada dekstop kemudian tekan enter
  3. mengklik kanan shortcut microsoft excel pada dekstop kemudian tekan open
  4. mengklik satu kali icon microsoft excel pada Quick Launch

Dalam Microsoft Excel terdapat Fungsi yang sering digunakan antara lain :
  1. SUM              : digunakan untuk mencari jumlah isi data pada range tertentu
  2. AVERAGE    : digunakan untuk mencari nilai rata-rata dari suatu range
  3. MAX             : digunakan untuk mencari nilai tertinggi dari suatu range
  4. MIN              : digunakan untuk mencari nilai terendah dari suatu range
  5. COUNT        : digunakan untuk mencara banyaknya data dari satu range
perhatikan contoh penggunaan fungsi-fungsi diatas :



Cara pengerjaan :
  • Jumlah Nilai pada cell F6 adalah “=Sum(C6:E6)” atau “+C6+D6+E6”
  • Total Nilai Kelas pada cell C16 adalah “=Sum(C6:C15)”
  • Rata-rata Nilai Kelas pada cell C17 adalah “=Average(C6:C15)”
  • Nilai Terendah pada cell C18 adalah “=Min(C6:C15)”
  • Nilai Terbesar pada cell C19 adalah “=Max(C6:C15)”
  • Jumlah Data pada cell C20 adalah “=Count(C6:C15)”
Untuk nilai TAS dan nilai Praktikum, dapat dilakukan penggandaan rumus formula / melakukan copy rumus hanya dengan menggerakkan kursor ┼ pada sebelah kanan bawah cell yang akan di-copy lalu ke daerah yang masih belum ada rumus formulanya.
Fungsi IF dan And merupakan fungsi logika dalam Microsoft Excel. Fungsi and merupakan fungsi batasan antara dengan rumus :
And(syarat1;syarat2;syarat3;…….)

Sebagai contoh perhatikan tabel berikut ini :



Dari tabel tersebut menunjukan bahwa syarat kelulusan murid adalah jika nilai murid >=50 dan <=100 dan murid tersebut “Tidak Nakal”. Sehingga kita dapat menggunakan fungsi IF dan fungsi And untuk mengisi keterangan :
E4=IF(AND(C4>=50;C4<=100;D4=”Tidak Nakal”);”Lulus”;”Tidak Lulus”)

Selanjutnya kita hanya perlu mengcopy rumus fungsi yang ada pada sel E4 untuk mengisi sel E5 s/d E7. Dengan cara klik pada sel yang sudah terdapat rumus kemudian arahkan pada ujung sebelah kanan bawah kursor mouse, klik dan tahan sambil mengerakkan mouse ke sel E5 s/d E7.
Fungsi Kelompok Text
 1. Left : mengambil karakter yang ada di sebelah kiri dari satu kesatuan karakter.
     Penulisan : =LEFT(teks, jumlah_karakter)
 2. Right : mengambil karakter yang ada di sebelah kanan dari satu kesatuan karakter.
     Penulisan : =RIGHT(teks, jumlah_karakter)
 3. Mid : mengambil karakter yang ada di tengah dari satu kesatuan karakter.
     Penulisan : =MID(teks, angka_awal, jumlah_karakter)
 4. Upper : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
     menjadi huruf besar / kapital.
     Contoh : =UPPER(“saya”) menghasilkan SAYA
 5. Lower : mengubah semua karakter dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
     menjadi huruf kecil.
     Contoh : =LOWER(“SAYA”) menghasilkan saya
 6. Proper : mengubah karakter pertama dalam setiap kata yang ada pada suatu teks
     menjadi huruf besar / kapital dan mengubah huruf berikutnya dengan huruf kecil.
     Contoh : =PROPER(“saya sedang praktikum”) menghasilkan Saya Sedang Praktikum
 7. Len : mengambil karakter terkiri sejumlah yang dinyatakan pada argumen
     jumlah_karakter.
     Contoh : =UPPER(“Praktikum”) menghasilkan 9
 8. Text : mengubah angka menjadi teks dengan jumlah desimal sesuai yang dinyatakan
     pada argumen format_teks.
     Penulisan : =TEXT(angka, format_teks)
     Contoh : =TEXT(100/4,“0.00”) menghasilkan 25.00
 9. Dollar : mengubah angka menjadi teks mata uang dolar, disertai pembulatan dan
     jumlah desimal menurut argumen jumlah_desimal.
     Penulisan : =DOLLAR(angka, jumlah_desimal)
     Contoh : =DOLLAR(22/7,6) menghasilkan $3.142857.
                     =DOLLAR(22/7,5) menghasilkan $3.14286.
10. Char : mengubah angka antara 1 sampai 255 menjadi karakter kode ASCII.
      Contoh : =CHAR(125) menghasilkan }.
11. Code : mengubah karakter pertama menjadi kode ASCII.
      Contoh : =CODE(“Infor”) menghasilkan 73.
                     =CODE(“Ikan”) menghasilkan 73 juga.
      Catatan !!! tanda koma ( , ) diatas dapat juga diganti dengan tanda titik
      koma ( ; ), disesuiankan dengan komputer yang dipakai.
 
Fungsi Bantu Logika 1. And (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
    → menghasilkan argument true jika semua logika benar.
2. Or (Logical 1,logical 2,…,logical 30)
    → menghasilkan argument true jika salah satu logika benar.
3. Not (Logical)
    → menghasilkan kebalikan logika.
4. If (Logical Text, Value True, Value False)
    → menghasilkan argument dengan pemenuhan syarat yang telah ditentukan.

Tidak ada komentar: