psikopen 2

BAB 2
HAKEKAT PERKEMBANGAN
PENGERTIAN PERKEMBANGAN DAN PERTUMBUHAN
Perkembangan = Perubahan progesif yang terjadi sebagai akibat dari proses kematangan dan pengalaman.
Perkembangan berkaitan dengan perubahan secara kualitatif.
Pertumbuhan = Perubahan yang terjadi secara kuantitatif yang meliputi peningkatan ukuran dan struktur.
PRINSIP-PRINSIP PERKEMBANGAN
Menurut Baltes: - Perkembangan berlangsung sepanjang hayat.
- Perkembangan bersifat multidimensional (digambarkan melalui banyak kriteria) dan multidireksional (dicapai melalui berbagai cara).

- Perkembangan mencakup aspek pertumbuhan dan penurunan.
- Perkembangan bersifat lentur.
- Perkembangan berada dalam latar tertentu dan historik.
Menurut Ruffin: - Perkembangan berproses dari kepala menuju kaki.
- Perkembangan berproses dari tubuh bagian dalam menuju tubuh bagian luar.
- Perkembangan bergantung pada kematangan dan belajar.
- Perkembangan berproses dari sederhana menuju kompleks.
- Pertumbuhan dan perkembangan merupakan proses berkesinambungan.
- Pertumbuhan dan perkembangan berproses dari kecakapan umum menuju kecakapan spesifik.
- Tingkat pertumbuhan dan perkembangan bersifat individual.
TEORI-TEORI PERKEMBANGAN
1. Teori Continuity dan Discontinuity
Teori Continuity = Perkembangan merupakan proses yang berkesinambungan.
Teori Discontinuity= Perkembangan merupakan proses yang tidak berkesinambungan.
2. Teori kematangan dan perubahan
Teori kematangan = Manusia menunjukkan stabilitas pada aspek-aspek perkembangannya.
Teori perubahan = Emosi manusia dapat diubah oleh lingkungan.
Sumber: Rifai, Achmad dan Tri Anni, Catharina. 2009. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press

Tidak ada komentar: